Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Startup   /  Pentingnya CRM bagi Perusahaan

Pentingnya CRM bagi Perusahaan

Bagi anda yang memiliki sebuah usaha bisnis, Anda harus mengetahui pentingnya CRM bagi perusahaan anda. CRM atau Customer Relationships  Management sendiri adalah sebuah sistem yang membantu anda dalam hal pengelolaan pelanggan.

Pada awal CRM dibuat, sistem ini hanya dibuat untuk membantu untuk mengelola dan menyimpan data pelanggan dengan lebih baik.

Seiring dengan perkembangan jaman, CRM sekarang dapat mencakup strategi bisnis perusahaan secara lebih luas. Mulai dari integrasi dengan aktifitas penjualan hingga pengelolaan SDM atau Sumber Daya Manusia yang terlibat didalamnya.

Untuk lebih lanjut, Sumihai akan membahas lebih jauh tentang CRM dan pentingnya CRM bagi perusahaan anda.

1. Meningkatkan Hubungan dengan Prospek dan Pelanggan

Hal utama yang membuat CRM menjadi factor penting dalam perusahaan adalah CRM dapat meningkatkan hubungan anda dengan leads dan pelanggan anda.

Caranya? CRM mengelola dan memanajemen informasi leads dan pelanggan anda dalam satu tempat sehingga anda dapat mengaksesnya kembali dengan mudah.

Informasi ini lah yang dapat anda gunakan untuk memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik yang tampak pada layanan yang anda berikan kepada mereka.

2. Otomasisasi

Seriring perkembangan jaman, CRM sekarang dapat secara otomatis melakukan tugas-tugas manual yang memakan waktu seperti input informasi leads dan pelanggan.

Selain itu, anda juga dapat membuat leads baru dari form kontak / pendaftaran dan secara otomatis mengirim email terima kasih / sambutan kepada mereka.

3. Manajemen Pipeline

CRM memungkinkan anda untuk memahamai lebih jelas tentang pipeline yang ada, dengan begitu dapat memudahkan anda dalam mengidentifikasi prospek yang memiliki potensi yang lebih tinggi.

4. Kolaborasi

CRM memungkinkan tim penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan untuk saling berkolaborasi mengelola data bersama melalui satu sistem.

Yang tentunya dapat meningkatkan efektifitas pekerjaan mereka dibandingkan dengan mereka bekerja sendiri-sendiri.

5. Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

Tujuan semua hal di atas pastinya adalah meningkatkan pendapatan perusahaan. Dengan menggunakan CRM anda dapat melihat overview secara menyeluruh dari leads yang anda miliki sehingga anda dapat melakukan up-selling dan cross-selling pada saat yang tepat dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Tak peduli jenis dan ukuran sebuah usaha, setiap usaha harus dapat menjalankan operasi bisnis mereka dengan baik yang membantu mereka dalam mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan mereka.

Dalam hal ini, menggunakan CRM dapat menghemat waktu, tenaga, dan mengurangi biaya operasional perusahaan dalam melakukan hal itu semua.

Jika anda masih ragu apakah usaha anda membutuhkan CRM, hubungi tim Sumihai yang siap membantu anda dalam menyediakan solusi dari masalah anda.

Tetapi untuk anda yang sudah tertarik untuk menggunakan CRM, Sumihai memiliki CRM yang tepat untuk segala macam jenis usaha anda.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp