Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Data Besar   /  Indikator Penting Sebelum Memilih ERP
indikator penting sebelum memilih erp

Indikator Penting Sebelum Memilih ERP

Indikator Penting Sebelum Memilih ERP – ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sistem ERP dapat dirancang untuk mengelola semua aspek operasi bisnis perusahaan mulai dari inventaris, data pelanggan, keuangan, manufaktur, dan akuntansi.

Sistem ini dapat memudahkan bisnis Anda dengan informasi yang real time dan akurat sehingga Anda dapat mengambil keputusan bisnis yang baik berdasarkan data yang Anda buat. Dengan mengumpulkan data transaksi secara bersamaan dari berbagai sumber, sistem ERP mencegah duplikasi data dengan menyediakan integritas data.

Anda sudah tahu apa itu ERP dan bagaimana bisa digunakan untuk bisnis Anda. Sekarang Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan ERP. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

Kebutuhan Bisnis Anda

Setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Tantangan yang dihadapi perusahaan Anda mungkin berbeda dengan perusahaan lain. Software ERP yang baik dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik masing-masing perusahaan.

Pastikan Anda memahami tantangan bisnis dan solusi apa yang diharapkan dari sistem ERP yang Anda pilih. Jelaskan semua kebutuhan Anda secara detail kepada supplier agar mendapatkan sistem ERP dengan spesifikasi dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pengalaman Vendor

Temukan informasi detail tentang vendor ERP Anda, termasuk pengalaman menyediakan solusi ERP untuk berbagai perusahaan. Siapa pelanggan Anda? Industri apa? Sudah berapa lama vendor aktif?

Mintalah testimoni dari setiap klien. Jika perlu, tanyakan langsung kepada pelanggan tentang manfaat yang diperoleh dari penggunaan perangkat lunak ERP (termasuk hubungan mereka dengan pemasok dan layanan yang diterima dari vendor).

Dukungan Vendor

Saat berbicara dengan vendor atau perusahaan ERP, jangan lupa untuk menanyakan dukungan seperti apa yang mereka berikan. Dukungan merupakan elemen yang sangat penting dalam setiap fase proyek, yang meliputi; analisis kebutuhan, perencanaan proyek, implementasi, konfigurasi, pelatihan dan bimbingan, hingga pasca implementasi.

Pastikan Anda dapat menghubungi pemasok dengan mudah jika sistem ERP Anda mengalami masalah atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara kerja sistem.

Integrasi dan Kustomisasi yang mudah

Software ERP yang baik memudahkan pengguna untuk mengintegrasikan dan mengelola. Anda mungkin tidak memerlukan banyak integrasi atau penyesuaian saat ini, tetapi kebutuhan bisnis Anda dapat berubah seiring waktu.

Anda mungkin ingin menambah atau menghapus modul di masa mendatang. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, kebutuhan menjadi lebih kompleks. Jadi pastikan software ERP yang Anda pilih dapat dengan mudah mengembangkan bisnis Anda.

Proses Implementasi

Salah satu faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih aplikasi ERP adalah durasi implementasinya. Besarnya kustomisasi sistem biasanya mempengaruhi waktu implementasi software ERP.

Semakin banyak penyesuaian, semakin lama proses implementasinya. Implementasi ERP berbasis cloud biasanya lebih cepat dan mudah daripada implementasi ERP konvensional. Jadi pikirkan baik-baik tentang jenis implementasi ERP yang lebih bermanfaat bagi perusahaan Anda.

Perhitungan Anggaran Sesuai Kebutuhan

Software ERP yang menawarkan biaya lebih rendah dapat mengurangi biaya perusahaan Anda. Namun disisi lain, perangkat lunak yang relatif murah membutuhkan proses implementasi yang lebih lama dan hasilnya mungkin kurang efektif. Namun jika kebutuhan manajemen perusahaan Anda cukup besar, maka perusahaan Anda juga membutuhkan software ERP yang pasti memungkinkan.

Oleh karena itu, menghitung anggaran dan kebutuhan Anda dengan cermat adalah salah satu kunci sukses memilih ERP terbaik.

Penting bagi Anda untuk memilih software ERP dengan harga yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Jadi, jangan terburu-buru untuk memilih ERP dan evaluasi dengan cermat kinerjanya yang juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Itulah penjelasan tentang Indikator Penting Sebelum Memilih ERP

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp