Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Sistem CRM (Customer Relationship Management) Dalam ERP
Sistem CRM

Sistem CRM (Customer Relationship Management) Dalam ERP

Apa itu CRM?

Sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) merupakan komponen integral dari perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). Di masa lalu, CRM telah dikelola sebagai aplikasi yang berdiri sendiri atau sebagai modul yang terintegrasi ke dalam satu atau lebih modul ERP. Baru-baru ini, vendor CRM telah mengembangkan solusi mereka untuk sepenuhnya terintegrasi dengan solusi ERP. Akibatnya, integrasi ini sekarang menawarkan banyak manfaat bagi pelanggan dan dapat mengurangi waktu dan biaya yang terkait dengan pengelolaan aplikasi terpisah.

Ada banyak manfaat menggunakan sistem CRM di ERP. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan gambaran yang akurat tentang siapa pelanggan mereka dan bagaimana mereka menggunakan produk mereka. CRM akan memberi perwakilan layanan pelanggan informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah apapun dengan akun. 

Sistem CRM yang mutakhir juga membantu dalam pengambilan keputusan dalam hal pemasaran dan penjualan dengan menyediakan data yang akan menunjukkan produk dan layanan apa yang paling cocok untuk berbagai jenis pelanggan.

Kenapa Menggunakan CRM?

CRM, atau Customer Relationship Management, bukanlah konsep baru dalam dunia bisnis. CRM adalah suatu sistem yang mengelola pelanggan dan kebutuhannya dalam rangka menumbuhkan loyalitas pelanggan. Sistem ini bekerja dengan ERP untuk membuat tugas otomatis untuk penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan departemen lain di perusahaan. CRM telah ditemukan memiliki dampak yang signifikan pada kinerja bisnis bila digunakan dengan benar.

Pada akhirnya, orang yang akan memutuskan berhasil atau tidaknya suatu bisnis. Tanpa pelanggan, tidak akan ada pendapatan. Tanpa pendapatan, bisnis tidak akan ada. Akibatnya, ada peningkatan penekanan pada layanan pelanggan dan salah satu cara untuk memastikan bahwa pelanggan tetap senang adalah melalui sistem CRM (Customer Relationship Management). Sistem ini mencakup fitur seperti melacak interaksi dengan pelanggan dan menetapkan tujuan untuk retensi pelanggan.

Manfaat CRM

Hubungan pelanggan memiliki dampak besar pada laba perusahaan. Jenis manajemen hubungan pelanggan yang paling populer adalah sistem CRM, yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola semua aspek pengalaman pelanggan mereka dengan perusahaan dari kontak awal hingga pembelian akhir atau penyelesaian layanan.

Sistem CRM adalah alat yang ampuh yang membantu perusahaan untuk mengelola hubungan pelanggan mereka. Sistem CRM adalah jenis perangkat lunak yang menyimpan informasi pelanggan dan pengetahuan lain yang terkait dengan pelanggan, yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk membuat strategi khusus untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. 

Sistem CRM akan membantu Anda menentukan produk apa yang terbaik untuk basis pelanggan Anda, layanan apa yang mereka butuhkan dari Anda, siapa pengambil keputusan dalam organisasi, serta informasi penting lainnya.

Kesimpulan

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) sangat penting dalam dunia bisnis saat ini, karena perusahaan terus tumbuh dan kompleksitas alur kerja mereka meningkat. Sistem CRM menyediakan cara yang efisien dan efektif untuk mengelola interaksi pelanggan dan memahami kebutuhan dan harapan pelanggan.

Sumihai Teknologi Indonesia (STI) Memberikan solusi dari kebutuhan Manajemen hubungan pelanggan (CRM) dalam software ERP untuk Anda. Anda dapat berkonsultasi tentang software ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda kepada kami.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp