Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Sistem ERP   /  Komponen Komponen CRM
Saat Mengatur Software ERP

Komponen Komponen CRM

e-crm adalaKomponen Komponen CRM – Sangat banyak jenis sistem informasi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan bisnis di era teknologi informasi ini. Pernahkah Anda mendengar istilah CRM? Jika belum, CRM merupakan salah satu jenis sistem informasi yang kini banyak tersedia untuk membantu operasional perusahaan Anda.

Apa Itu CRM ?

Customer Relationship Management atau CRM adalah suatu pendekatan atau sistem yang mengelola hubungan antara suatu perusahaan (company) dengan pelanggan di tingkat korporasi. Dengan demikian, adalah mungkin untuk meningkatkan komunikasi dan pemasaran melalui kontak pengguna yang berbeda.

Pendekatan seperti itu dapat memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan tersebut. CRM sendiri menggabungkan kebijakan, proses dan strategi menjadi satu kesatuan yang diimplementasikan dalam sebuah perusahaan.

Komponen Komponen CRM

Customer Relationship Management atau dalam bahasa Indonesia berarti Manajemen Hubungan Pelanggan memiliki tiga komponen utama yaitu:

1. Administrasi (Manajemen)

Terkait dengan komponen manajemen, fokus pada pengelolaan sistem dan peningkatan hubungan pelanggan. Nantinya akan berdampak pada kemajuan perusahaan untuk meningkatkan perkembangan dalam hal keunggulan bersaing.

2. Hubungan (Relationship)

Bagian selanjutnya adalah hubungan, dimana perusahaan atau instansi pasti membutuhkan komunikasi dua arah. Hal ini bertujuan untuk memuaskan pelanggan dalam jangka panjang.

3. Pelanggan (Customer)

Komponen pelanggan adalah orang-orang yang akan, sekarang, dan telah menggunakan jasa perusahaan. Bagaimana melihat, transaksi atau perbaikan (pemeliharaan).

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp