Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Sistem ERP   /  Fitur Software ERP yang Harus Di Pahami
Fitur Software ERP

Fitur Software ERP yang Harus Di Pahami

Fitur Software ERP ERP (Enterprise Resource Management) adalah proses pengumpulan dan pengelolaan data bisnis melalui perangkat lunak terintegrasi. Biasanya fungsi software ERP berisi aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengoptimalkan fungsi bisnis produk, akuntansi, pelaporan penjualan, dan sebagainya.

Secara umum, ERP dapat memfasilitasi semua kegiatan operasional perusahaan Anda, termasuk semua departemen. Menggunakan ERP sebagai solusi untuk meningkatkan produksi mentah dan jam kerja sumber daya manusia.

Singkatnya, ERP bertujuan untuk melayani semua departemen dalam suatu perusahaan sehingga proses bisnis yang mereka lakukan menjadi lebih efisien.

Fitur Software ERP Bisnis Yang Harus Diketahui

Ada beberapa fitur ERP yang paling umum ditemukan dalam perangkat lunak ERP, termasuk:

1. Integrasi

Salah satu fitur utama ERP adalah fungsionalitasnya yang telah terbukti berbeda dan efektif dari alat lain. Kemampuan integrasi ERP menjadi keunggulan sistem ini dibandingkan dengan serangkaian aplikasi yang harus dijalankan secara bersamaan.

Fitur integrasi ini dapat memastikan bahwa kemampuan ERP ini dapat digunakan secara harmonis. Dengan integrasi ini, ERP dapat membantu Anda menganalisis, memantau, dan melakukan tugas-tugas berbasis data besar.

Melalui satu database, ERP dapat mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data di semua departemen di perusahaan Anda. Dengan integrasi ini, komunikasi di dalam perusahaan akan lancar.

2. Otomatisasi

Ketika banyak orang bertanya apa yang dilakukan ERP, jawabannya adalah kemampuan otomatisasi yang baik. Kemampuan perangkat lunak ERP untuk mengotomatisasi tugas-tugas umum seperti data entri pesanan, sistem penggajian, akuntansi, faktur dan pelaporan lainnya sangat penting.

Otomatisasi ini akan mengurangi waktu yang biasanya digunakan oleh karyawan dalam proses pelaporan, seperti yang disebutkan sebelumnya. Dengan menggunakan ERP, waktu yang dihabiskan dapat digunakan untuk tugas-tugas yang lebih penting. Sangat efektif untuk mengoptimalkan waktu karyawan.

Kehadiran fungsi ERP tunggal ini juga dapat membantu mengurangi human error. Otomatisasi juga dapat mentransfer data dari satu komponen ke komponen lain tanpa kesalahan.

3. Analisis Data

Salah satu karakteristik ERP selain mengumpulkan dan mengolah data adalah kemampuan menganalisis informasi dari data yang dikumpulkan. Fungsi ERP ini adalah untuk menemukan tren dan pola dalam data Anda. Dengan menganalisis data ini, Anda dapat memprediksi keputusan bisnis di masa depan.

ERP menganalisis data sesuai dengan operasi bisnis, termasuk data pelanggan, statistik produksi, data penjualan, dan banyak lagi. Dengan menggunakan ERP, Anda juga dapat memprediksi bagaimana permintaan pasar Anda, menganggarkan, dan menganalisis sumber daya manusia Anda.

4. Akuntansi

Akuntansi atau manajemen keuangan adalah bagian terpenting dari setiap bisnis atau perusahaan. ERP terbaik adalah sistem akuntansi yang kuat. 

Sistem ini membantu Anda mengelola data keuangan seperti hutang rekening, piutang, manajemen aset tetap, manajemen pajak dan manajemen risiko. ERP menawarkan banyak sistem yang dapat mengelola data dalam berbagai mata uang dan aturan pajak yang ada, sehingga dapat membantu Anda secara rutin jika Anda melakukan tugas di luar negeri.

Sistem ERP yang baik dapat mengoptimalkan banyak fungsi akuntansi, termasuk proses analisis penjualan, pembayaran, manajemen biaya, dan banyak lagi. Dengan menggunakan ERP, dimungkinkan untuk menambah dan memperpanjang waktu pemrosesan serta mengurangi beban dan jam kerja karyawan.

Salah satu perusahaan yang dapat membantu Anda mengimplementasikan software ERP adalah Sumihai, yang telah berpengalaman selama 25 tahun mengoperasikan sistem fungsional ERP di Indonesia. Jadi tunggu apa lagi, segera pasang sistem ERP untuk masa depan perusahaan Anda.

Sorry, the comment form is closed at this time.

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp