Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Sistem ERP   /  Sistem Enterprise Resource Planning
Sistem Enterprise Resource Planning

Sistem Enterprise Resource Planning

Sistem Enterprise Resource Planning – Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah solusi perangkat lunak yang mengintegrasikan semua proses dan fungsi utama perusahaan ke dalam satu sistem. Hal ini memungkinkan bisnis untuk memiliki visibilitas real-time ke semua area operasi mereka, mulai dari keuangan dan akuntansi hingga manufaktur dan rantai pasokan.

Sistem ERP dapat digunakan oleh bisnis dari semua ukuran, di industri apa pun. Namun, ini sangat cocok untuk perusahaan yang telah melampaui solusi perangkat lunak akuntansi atau manajemen perusahaan mereka saat ini. Sistem ERP adalah tentang memaksimalkan efisiensi, dan memungkinkan perusahaan untuk merespons dengan cepat peluang dan tantangan baru.

Sistem ERP untuk Departemen Akuntansi

Perangkat lunak akuntansi perusahaan dapat membantu perusahaan mengelola keuangan dan operasinya secara lebih efektif. Dengan mengotomatisasi banyak tugas dan sumber daya yang digunakan untuk mengelola departemen akuntansi, sistem akuntansi dapat membantu perusahaan menghemat waktu, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan efisiensi. Selain memotong biaya, perangkat lunak akuntansi dapat membantu bisnis mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja mereka.

Sistem ERP untuk SDM

Perangkat lunak SDM dirancang untuk merampingkan kegiatan departemen sumber daya manusia sehari-hari. Penjadwalan karyawan dan pelacakan waktu adalah dua penggunaan paling umum untuk perangkat lunak SDM. Misalnya, banyak sistem SDM memungkinkan pengguna untuk mengatur pola shift yang berbeda, menentukan karyawan mana yang bekerja kapan, dan melacak jam kerja oleh masing-masing karyawan. Aplikasi perangkat lunak SDM lainnya memungkinkan karyawan untuk melacak liburan dan waktu sakit mereka sendiri. Informasi ini dapat digunakan oleh departemen sumber daya manusia untuk memastikan bahwa karyawan mengambil semua waktu istirahat yang diberikan, dan tidak menyalahgunakan cuti sakit. 

Sistem ERP untuk Manufaktur

Sistem ERP harus dimiliki oleh setiap perusahaan manufaktur yang ingin efisien dan terorganisir. Jenis sistem ini dapat membantu merampingkan banyak proses, mulai dari melacak inventaris hingga mengelola pesanan pelanggan. Sistem ERP juga dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang dengan mengotomatiskan tugas yang seharusnya dilakukan secara manual.

Sistem Enterprise Resource Planning biasanya terdiri dari modul, yang masing-masing membahas area bisnis tertentu, seperti keuangan, sumber daya manusia, dan manufaktur. Sistem ERP dapat dianggap sebagai tulang punggung digital bagi perusahaan, memberikan visibilitas ke semua aspek bisnis dan membantu merampingkan operasi. 

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp