Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Sistem ERP   /  Komponen Arsitektur Enterprise Resource Planning
Komponen Arsitektur Enterprise

Komponen Arsitektur Enterprise Resource Planning

Komponen Arsitektur Enterprise Resource Planning – Enterprise Resource Planning (ERP) adalah rangkaian aplikasi perangkat lunak terintegrasi yang merampingkan dan mengotomatiskan proses bisnis utama suatu organisasi. Ini memungkinkan perusahaan untuk merencanakan, mengatur, dan mengelola sumber daya mereka secara terpusat untuk meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. 

Arsitektur ERP didasarkan pada pendekatan berlapis yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait untuk membentuk sistem yang lengkap. Perangkat lunak ERP biasanya dipecah menjadi empat lapisan utama:

1. Lapisan fungsional 

Mencakup sistem dan aplikasi yang menyediakan fungsi bisnis atau proses inti untuk organisasi. Ini termasuk keuangan, sumber daya manusia, manajemen rantai pasokan dan proses bisnis lainnya. 

2. Lapisan informasi 

Mencakup sistem yang menyediakan data dan intelijen bisnis yang diperlukan untuk aplikasi ERP. Ini termasuk gudang data, data mart, intelijen bisnis, dan sistem analitik. 

3. Lapisan komunikasi 

Meliputi jaringan dan sistem berbasis Internet yang menyediakan komunikasi antara fungsional dan sistem informasi. Ini termasuk intelijen bisnis, portal perusahaan, dan alat kolaborasi. 

4. Lapisan infrastruktur 

Mencakup perangkat fisik seperti server, media penyimpanan, jaringan, firewall, dan sistem lainnya (misalnya jaringan area penyimpanan dan platform virtualisasi) yang mendukung lapisan lainnya.

Sistem ERP dirancang untuk berintegrasi dengan setiap lapisan. Misalnya, sistem ERP dapat diintegrasikan dengan gudang data dan alat intelijen bisnis, atau diintegrasikan dengan portal perusahaan dan alat kolaborasi. Tautan ini disebut antarmuka. 

Antarmuka bisa satu arah atau dua arah:

Antarmuka satu arah memungkinkan data mengalir dari satu sistem ke sistem lainnya. Misalnya, pemasok dapat mengirimkan faktur secara elektronik ke sistem ERP untuk diproses.

Antarmuka dua arah memungkinkan data mengalir di kedua arah. Misalnya, sistem ERP dapat mengirim pesan ke pemasok bahwa faktur mereka telah diproses dan dibayar.

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah alat bisnis yang kuat yang membantu organisasi untuk merencanakan dan mengelola sumber daya mereka secara lebih efisien. Sistem ERP itu kompleks, seringkali melibatkan banyak komponen yang harus dikonfigurasi dengan benar untuk mendukung kebutuhan khusus perusahaan.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp