Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Sistem ERP   /  Apa Manfaat Dari Diterapkannya ERP di Suatu Perusahaan?
Apa Manfaat Dari Diterapkannya ERP di Suatu Perusahaan

Apa Manfaat Dari Diterapkannya ERP di Suatu Perusahaan?

Apa Manfaat Dari Diterapkannya ERP di Suatu Perusahaan? – Penerapan sistem di seluruh perusahaan, seperti solusi perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), dapat menjadi tugas yang menakutkan bagi perusahaan mana pun. Namun, penerapan ERP memiliki banyak manfaat yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum mengambil keputusan untuk tidak berinvestasi di dalamnya. Dari penghematan biaya dan peningkatan efisiensi hingga peningkatan layanan pelanggan dan kemampuan analitik yang lebih baik, keuntungan penerapan sistem ERP sangat banyak. 

Untuk membantu Anda memahami bagaimana ERP dapat menguntungkan perusahaan Anda, kami telah membuat daftar 7 alasan teratas untuk berinvestasi dalam sistem perencanaan sumber daya perusahaan.

1. Membantu Perusahaan Anda Tetap Kompetitif

Keuntungan utama ERP adalah membantu perusahaan Anda tetap kompetitif. Sebuah studi oleh Gartner Research menemukan bahwa perusahaan yang telah menerapkan sistem ERP lebih produktif dibandingkan pesaingnya. Mereka melihat peningkatan 20 persen dalam efisiensi operasi, yang berarti keuntungan yang lebih tinggi. Studi yang sama juga menemukan bahwa perusahaan yang telah menerapkan sistem ERP lebih berhasil dalam layanan pelanggan daripada mereka yang tidak melakukannya, karena sistem memberikan visibilitas yang lebih besar ke semua aspek data pelanggan. 

2. Memperlancar Proses Pengambilan Keputusan

ERP juga memudahkan perusahaan untuk membuat keputusan tentang masa depan. Tanpa ERP, proses pengambilan keputusan adalah kompleks, memakan waktu yang melibatkan banyak departemen berbeda. Prosesnya bisa lambat karena setiap departemen harus menunggu informasi dari departemen lain. Namun, dengan ERP, seluruh proses menjadi lebih sederhana dan lebih cepat. ERP membantu manajemen untuk membuat keputusan dengan lebih efektif. Ini juga membantu manajemen mengetahui apakah mereka dapat memenuhi kebutuhan pelanggan tepat waktu atau tidak. 

3. ERP digunakan dalam berbagai cara di berbagai tingkat organisasi 

Tujuan utama perangkat lunak bisnis adalah untuk membantu perusahaan mencapai tingkat efisiensi yang lebih tinggi. ERP lebih dari sekedar seperangkat program perangkat lunak. Ini tentang bagaimana perusahaan mengkoordinasikan berbagai departemen, fungsi, dan proses untuk mencapai tujuan bisnis mereka. ERP membantu mengintegrasikan berbagai bagian ini ke dalam sistem manajemen yang efisien. 

4. Membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas

ERP adalah singkatan dari perencanaan sumber daya perusahaan. Ini mencakup seperangkat aplikasi yang membantu manajemen untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan proses bisnis. Itu juga digunakan untuk mengintegrasikan semua fungsi bisnis ke dalam sistem terpusat. Ini membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka secara signifikan.

5. ERP membantu bisnis merampingkan operasi 

Salah satu manfaat paling signifikan dari ERP adalah dapat membantu perusahaan mencapai tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan merampingkan operasi mereka. Ini karena sistem ERP memberi Anda satu pandangan lengkap tentang bisnis Anda. Alih-alih beroperasi dalam silo, di mana departemen bekerja dalam isolasi dan tidak berbagi informasi satu sama lain, ERP memberi bisnis kemampuan untuk menghubungkan semua fungsi secara bersamaan. 

6. ERP memungkinkan organisasi untuk meningkatkan profitabilitas 

Salah satu cara utama sistem ERP dapat membantu bisnis meningkatkan profitabilitas adalah dengan meningkatkan tingkat layanan pelanggan dan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk memenuhi pesanan pelanggan. Selain itu, ERP dapat membantu bisnis mengelola aliran barang masuk dan keluar dari fasilitas mereka.

7. Sistem ERP terbukti hemat biaya 

Sistem ini hemat biaya terutama karena mereka dapat digunakan oleh departemen yang berbeda dalam suatu organisasi alih-alih setiap departemen memiliki program perangkat lunak yang terpisah.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp