Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Sistem ERP   /  ERP Software VS CRM
ERP Software VS CRM

ERP Software VS CRM

ERP Software VS CRM – Perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) dan perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM) keduanya merupakan solusi yang populer digunakan bagi bisnis untuk mengoptimalkan proses mereka. Namun, banyak organisasi sering dihadapkan pada dilema mana yang harus mereka pilih. 

Pada artikel ini, kami akan mengeksplorasi perbedaan mendasar antara perangkat lunak ERP dan CRM dan membahas bagaimana masing-masing dapat bermanfaat bagi operasi bisnis. Kami juga akan memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana memutuskan mana yang tepat untuk bisnis Anda. 

1. Software ERP

Perangkat lunak ERP adalah solusi bisnis komprehensif yang membantu organisasi mengelola proses bisnis mereka dari satu sistem terpusat. Sistem ini menghubungkan berbagai fungsi organisasi, seperti penjualan, pembelian, dan manufaktur menjadi satu unit yang kohesif. 

2. CRM

Perangkat lunak CRM, di sisi lain, terutama difokuskan pada manajemen hubungan pelanggan. Sistem ini melacak dan mengelola berbagai interaksi dengan pelanggan. 

Sementara perangkat lunak ERP memberikan solusi lengkap untuk mengelola proses bisnis Anda, perangkat lunak CRM berfokus pada pengelolaan hubungan dengan pelanggan Anda. Kedua sistem, bila digunakan bersama, memberikan solusi bisnis yang komprehensif.

Perangkat lunak CRM adalah konsep yang relatif baru yang telah berevolusi dari praktik manajemen hubungan pelanggan tradisional yang digunakan oleh banyak bisnis. Perangkat lunak ERP adalah alat manajemen bisnis yang terbukti telah ada selama beberapa dekade.

Perangkat lunak ERP dan perangkat lunak CRM adalah dua jenis perangkat lunak perusahaan yang umum digunakan oleh bisnis saat ini. Memanfaatkan kekuatan kedua sistem, bisnis dapat menuai hasil besar dari solusi terintegrasi.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp