Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Sistem ERP   /  Apa Saja Aktivitas Implementasi ERP?
Aktivitas Implementasi ERP

Apa Saja Aktivitas Implementasi ERP?

Apa Saja Aktivitas Implementasi ERP? – Dalam dunia teknologi modern, sistem Enterprise Resource Planning (ERP) telah menjadi bagian penting dari bisnis besar dan kecil. Implementasi ERP adalah langkah penting bagi organisasi yang ingin mengoptimalkan proses mereka, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya.

Namun, proses penerapan sistem ERP itu rumit dan membutuhkan perencanaan yang matang untuk memastikan hasil yang sukses. Artikel ini akan mengeksplorasi berbagai aktivitas yang terlibat dalam penerapan sistem ERP, termasuk perencanaan dan desain, migrasi data, dan pengujian. Perencanaan dan Desain

Dengan proses implementasi, perencanaan dan desain adalah langkah pertama yang perlu diambil. Sebelum Anda mulai, memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan dan sasaran Anda untuk menerapkan sistem ERP. Selain mengidentifikasi tujuan Anda, Anda juga perlu menentukan ruang lingkup proyek dan memutuskan teknologi terbaik yang dapat mendukung bisnis Anda.

Merencanakan implementasi ERP mencakup memahami proses, sumber data, dan aliran organisasi Anda saat ini. Ini membantu Anda memahami proses bisnis mana yang perlu ditingkatkan, data mana yang perlu diintegrasikan, dan bagaimana perubahan ini akan mempengaruhi organisasi Anda.

Rencanakan proyek percontohan

Memilih beberapa proses yang representatif adalah cara terbaik untuk melihat apakah sistem seperti itu akan berhasil di organisasi Anda. Ini juga akan membantu Anda memahami bagaimana sistem ini akan membuat organisasi Anda lebih menguntungkan.

Rencanakan strategi peluncuran 

Setelah Anda mengetahui ruang lingkup proyek dan dampaknya terhadap bisnis, Anda dapat mulai merencanakan strategi peluncuran. Ini akan mencakup rencana komunikasi dan anggaran.

Rencanakan untuk meningkatkan 

Organisasi Anda telah mengumpulkan data selama bertahun-tahun, jadi mungkin tergoda untuk mentransfer semua data lama ke gudang data baru Anda. Namun, ini bukan ide yang bagus. Gudang data akan menjadi fondasi bagi organisasi Anda dan harus selalu diperbarui. Anda harus merencanakan untuk memutakhirkannya secara teratur.

Rencanakan fitur baru 

Gudang data terus berkembang dan menambahkan fitur baru. Anda harus merencanakan untuk menambahkan fitur dan fungsionalitas baru seiring berjalannya waktu.

Rencanakan masa depan 

Gudang data adalah alat yang akan membantu organisasi Anda membuat keputusan bisnis. Namun, itu juga akan menjadi sumber yang tak ternilai dalam hal audit atau investigasi. Anda harus merencanakan untuk menyimpan data warehouse minimal 5 tahun setelah tahun fiskal Anda saat ini.

Rencanakan redundansi 

Karena gudang data Anda akan sangat penting bagi organisasi Anda, Anda harus merencanakan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa gudang itu selalu tersedia.

Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) sangat penting untuk bisnis yang ingin merampingkan proses bisnis dan menjadi lebih efisien. Menerapkan sistem ERP dalam bisnis bisa menjadi tugas yang rumit, jadi penting untuk memahami aktivitas yang terlibat dalam proses tersebut.

Dalam lingkungan bisnis saat ini, kebutuhan akan gudang data yang fleksibel, terukur, dan hemat biaya menjadi semakin penting. Tim TI ditantang untuk memenuhi persyaratan ini sekaligus mengikuti perubahan kebutuhan bisnis.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp