Menemukan Perangkat Lunak Akuntansi / ERP yang Tepat untuk Bisnis Anda
Kita hidup di dunia dengan begitu banyak pilihan untuk segala hal. Mungkin terlalu sulit untuk mencari mobil, kulkas, atau bahkan software akuntansi / Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) yang tepat untuk perusahaan Anda. Kadang-kadang saya menghabiskan waktu berjam-jam melakukan penelitian ketika saya dapat menempatkan waktu dan energi saya tesebut untuk sesuatu yang lebih produktif.
Dalam dunia bisnis, ada begitu banyak pilihan untuk perangkat lunak akuntansi / ERP. Darimana Anda bisa mulai
temukan yang mana yang tepat untuk organisasi Anda? Bekerja sebagai Controller untuk organisasi kecil hingga menengah, saya dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencoba menemukan perangkat lunak yang tepat. Bagian terburuk dari proses ini adalah berurusan dengan orang-orang penjualan. Mereka akan mencoba menjual sesuatu kepada saya yang tidak saya butuhkan, inginkan, atau berjanji kepada saya bahwa produk mereka melakukan apa yang saya butuhkan, tetapi ternyata tidak.
Lima Hal yang harus Anda cari dalam sistem akuntansi / ERP:
- Fungsionalitas
Perangkat lunak akuntansi / ERP harus memiliki fungsi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda seefisien mungkin. Sebagai contoh, sebuah perusahaan manufaktur akan mencari sistem akuntansi / ERP dengan built in Manufacturing Resource Planning (MRP). Segala sesuatu di luar fungsionalitas yang diperlukan adalah “tambah” yang mungkin tidak diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda. - Skalabilitas dan Fleksibilitas Platform
Saat mencari sistem akuntansi / ERP, Anda perlu memastikan bahwa sistem tersebut dapat tumbuh dan berkembang bersama perusahaan Anda. Ada sistem yang pada awalnya dapat menangani begitu banyak transaksi sebelum akan berhenti bekerja atau menjadi lambat.
Banyak sistem di pasar saat ini dikembangkan untuk berbagai industri dan bisnis. Salah satu hal yang perlu Anda cari adalah untuk melihat seberapa fleksibel sistem itu untuk menyesuaikan agar sesuai dengan bisnis Anda tanpa biaya mahal. - Reputasi
Cari sistem akuntansi / ERP yang memiliki reputasi baik di industri Anda dan apa yang digunakan bisnis lain. Mintalah referensi pelanggan yang menggunakan sistem tersebut. - Total Biaya
Ada banyak biaya yang terkait dengan penerapan sistem akuntansi / ERP. Ada biaya perangkat lunak, biaya konsultasi / implementasi, pemeliharaan berkelanjutan, dan penyesuaian. Biasanya, perusahaan perangkat lunak akan menjual perangkat lunak kepada Anda dengan harga murah tetapi akan melonjak pada biaya konsultasi dan pemeliharaan. Lihat keseluruhan biaya kepemilikan untuk memastikan untuk memastikan itu akan menjadi pengembalian positif atas investasi Anda. - Solusi Mobile
Organisasi sudah mulai pindah ke perangkat mobile seperti ponsel smartphone dan tablet untuk menjalankan bisnis. Memiliki solusi mobile akan memungkinkan bagian penjualan untuk mengakses informasi terkait di lapangan dengan cepat.
David Uzubell, Business.com