Manfaat Customer Relationship Management untuk Bisnis
Manfaat Customer Relationship Management – Customer Relationship Management atau CRM adalah suatu pendekatan atau sistem yang mengelola hubungan antara suatu perusahaan (company) dengan pelanggan di tingkat korporat. Dengan demikian, adalah mungkin untuk meningkatkan komunikasi dan pemasaran melalui kontak pengguna yang berbeda.
Pendekatan seperti itu dapat memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan tersebut. CRM sendiri menggabungkan kebijakan, proses dan strategi menjadi satu kesatuan yang diimplementasikan dalam sebuah perusahaan.
Fungsi CRM
Sistem CRM juga memiliki fungsi yang harus diterapkan, diantaranya :
-Menerapkan filosofi customer-centric
-Mengidentifikasi faktor faktor penting bagi kebutuhan customer
-Membangun proses layanan pelanggan yang komperehensif
-Aplikasi pengukuran didasarkan pada sudut pandang customer
-Memberikan dukungan penuh pada customer
-Menangani berbagai keluhan customer
-Melacak setiap aspek dari penjualan
-Membuat informasi terkait layanan pelanggan dan pusat penjualan.
Manfaat Customer Relationship Management untuk Bisnis
1. Mendorong Loyalitas Pelanggan
Dengan CRM, perusahaan dapat memanfaatkan informasi pelanggan, baik melalui call center, website, maupun melalui tenaga pemasaran produk. Memberikan layanan pelanggan yang baik dapat membawa hasil positif bagi pertumbuhan bisnis Anda.
2. Meningkatkan Efisiensi Operasional Kerja
Dengan CRM dapat memberikan kemudahan untuk menjual produk dan jasa. Selain itu, juga dapat mengurangi tingkat risiko penurunan kualitas layanan dan beban arus kas (cash flow).
3. Mengurangi Biaya Produksi
Penjualan produk memiliki jadwal yang lebih spesifik dan diarahkan pada layanan pelanggan. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan dicantumkan dan dirinci.
4. Tingkatkan Time To Market
Aplikasi CRM dapat memperoleh berbagai informasi, seperti data tren pembelian pelanggan. Kemudian juga tentukan waktu yang tepat untuk meluncurkan produk.
5. Dapatkan Penghasilan Optimal
Dengan menerapkan sistem CRM yang tepat dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, mengurangi waktu ke pasar dan meningkatkan efisiensi kerja. Apa yang dilakukan semua itu sangat berpengaruh untuk memberikan keuntungan (profit) kepada para pelaku bisnis.