Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Komponen Arsitektur ERP
Komponen Arsitektur ERP

Komponen Arsitektur ERP

Komponen Arsitektur ERP – Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dibangun di database pusat dan berisi rangkaian aplikasi terintegrasi yang berbagi data dan proses umum. Arsitektur ERP terdiri dari beberapa lapisan yang bekerja sama untuk mendukung sistem ERP. Berikut adalah komponen-komponen sistem ERP:

1. Lapisan Basis Data

Ini adalah inti dari sistem ERP dan berisi semua data yang dibagikan oleh aplikasi dalam sistem. 

2. Lapisan Aplikasi

Lapisan ini berisi berbagai aplikasi yang digunakan untuk mendukung berbagai area fungsional dalam suatu perusahaan. Misalnya, akuntansi keuangan, manajemen sumber daya manusia, fungsi manufaktur, dan layanan pelanggan. Aplikasi dipecah menjadi kategori berikut: Aplikasi front-end: Aplikasi yang menampilkan informasi kepada pengguna. Contohnya termasuk entri pesanan, manajemen inventaris, dan manajemen hubungan pelanggan. Aplikasi back-end: Aplikasi yang tidak menampilkan informasi kepada pengguna dan digunakan untuk mendukung aplikasi front-end. Contohnya termasuk pemrosesan pesanan, manajemen inventaris, dan manajemen hubungan pelanggan. 

3. Middleware

Aplikasi yang melakukan fungsi transformasi dan translasi data antara lapisan aplikasi dan lapisan basis data. Contohnya termasuk replikasi data, antrian dan penanganan pesan, dan bus layanan perusahaan (ESB). 

4. Gudang data

Aplikasi yang mengekstrak dan mengubah data dari berbagai aplikasi bisnis menjadi gudang pusat untuk analisis. Contohnya termasuk layanan web, aplikasi web, dan portal. 

5. Kecerdasan bisnis

Aplikasi yang menyediakan alat untuk menganalisis data di gudang data. Contohnya termasuk kueri, pelaporan, dan alat analitik. 

6. Analitik

Aplikasi yang membangun model bisnis dari data dan melakukan fungsi pemodelan prediktif untuk menentukan tren bisnis di masa depan. 

7. Aplikasi bisnis

Aplikasi yang mendukung proses bisnis tertentu.

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah paket perangkat lunak yang komprehensif dan terintegrasi yang dirancang untuk mengelola semua aspek bisnis. Ini termasuk modul untuk keuangan, sumber daya manusia, manufaktur, rantai pasokan, manajemen hubungan pelanggan, dan banyak lagi. 

Sistem ERP menyatukan semua fungsi yang berbeda ini dan memungkinkan mereka untuk berbagi data dan informasi. Arsitektur ERP terdiri dari beberapa komponen, termasuk database, server aplikasi, perangkat lunak klien, dan antarmuka.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp