Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Karakteristik ERP Dalam Membantu Bisnis
Karakteristik ERP

Karakteristik ERP Dalam Membantu Bisnis

Karakteristik ERP Dalam Membantu Bisnis – Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah istilah yang telah digunakan selama beberapa dekade untuk menggambarkan teknologi kompleks yang digunakan oleh bisnis untuk mengatur, mengelola, dan mengintegrasikan data dari berbagai sumber. Sistem ERP memungkinkan bisnis untuk mengelola operasi mereka secara lebih efisien, membantu mereka mencapai tujuan yang diinginkan. 

Karakteristik ERP memberikan kemampuan pengumpulan dan analisis data yang efisien, serta meningkatkan kolaborasi antar departemen. Ketika diterapkan dengan benar, sistem ERP dapat membantu bisnis meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, meningkatkan layanan pelanggan, dan meningkatkan pengambilan keputusan.

Istilah ERP diciptakan pada 1990-an, tetapi akar dari sistem ERP berasal dari tahun 1960-an. Semuanya dimulai dengan sebuah perusahaan bernama Computer Control Corporation (CCC), yang mengembangkan salah satu sistem terintegrasi pertama untuk mengelola berbagai proses bisnis. 

Sistem itu bernama ERP, atau Enterprise Resource Planning. Tujuan utama CCC adalah membantu klien mengelola banyak fungsi bisnis menggunakan satu sistem. Ini berarti bahwa sistem ERP dapat melakukan segalanya mulai dari mengelola rantai pasokan hingga akuntansi.

Bagaimana itu bekerja?

Sebagian besar bisnis saat ini menggunakan kombinasi sistem yang berbeda untuk mengelola operasi bisnis mereka. Misalnya, mereka mungkin memiliki satu sistem untuk akuntansi dan satu lagi untuk manajemen inventaris. Ini berarti bahwa informasi di setiap sistem adalah silo. Solusi ERP menarik semua data ini ke dalam satu database. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dari beberapa sistem sekaligus.

Sistem ERP juga dapat membuat perubahan di seluruh organisasi secara bersamaan. Misalnya, jika departemen akuntansi mengubah informasi tagihan pelanggan, ERP akan secara otomatis membuat perubahan tersebut di setiap sistem lain yang memiliki data pelanggan tersebut.

Sistem ERP seringkali disesuaikan berdasarkan kebutuhan spesifik setiap bisnis. Sistem ERP juga dapat digunakan untuk manajemen rantai pasokan. Misalnya, sistem ERP dapat membantu bisnis mengelola inventaris dan proses produksinya dengan melacak bagaimana bahan mentah diproses menjadi barang jadi.

Sistem ERP dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak lain, seperti perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM). ERP dan CRM sering digunakan bersama untuk mengelola hubungan dengan pelanggan.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp