Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Kelebihan dan Kekurangan ERP
kelebihan dan kekurangan erp

Kelebihan dan Kekurangan ERP

Kelebihan dan kekurangan ERP – Dalam sebuah perusahaan besar umumnya membutuhkan sebuah sistem yang bermanfaat dalam kegiatan operasional setiap harinya. ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem yang memungkinkan pengorganisasian sumber daya perusahaan yang lebih baik. 

Sistem ERP digunakan untuk membantu membuat keputusan berdasarkan informasi pada banyak aspek transaksi bisnis, termasuk pemasaran, produksi, dan pembelian. Salah satu keuntungan menggunakan ERP adalah proses otomatisasi dengan mengotomatisasi input data, sehingga manajer dapat memprediksi hasil di masa depan dengan lebih akurat.

Pernyataan pertama tentang ERP ialah bahwa sistem ERP pada umumnya mempunyai kesinambungan data yang tinggi dan memiliki integrasi seperti terjadi di antara manajemen operasi, pemasar, dan laporan keuangan. 

ERP adalah salah satu perangkat lunak yang memiliki banyak manfaat untuk perusahaan. Software ERP adalah sistem yang kompleks. Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan dari ERP.

kelebihan dan kekurangan erp

Kelebihan Sistem ERP

ERP (enterprise resource planning) adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk membantu mengelola dan mengatur data perusahaan dan operasinya. Sistem ERP bisa sangat kuat karena mengotomatiskan fungsi bisnis dasar seperti inventaris, produksi, pembelian, manajemen keuangan, dan penjualan. Selain itu, antarmuka sistem memberikan tampilan yang disederhanakan bagi karyawan untuk menyelesaikan tugas mereka yang dapat mengurangi waktu pengembangan. 

Berikut manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika mengimplementasikan perangkat lunak ERP :

1. Membantu Dalam Pengambilan Keputusan

Kelebihan pertama dari ERP adalah memungkinkan perusahaan untuk dapat mengukur kinerja mereka dengan lebih baik secara lebih tepat waktu. Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin tidak memiliki akses ke data yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang baik tanpa sistem ERP. 

Dengan menggunakan software ERP akan dapat membantu manajemen untuk mengambil keputusan karena dalam software ini menyediakan berbagai kebutuhan data dari data keuangan ataupun data penting lainnya secara cepat, akurat dan tepat waktu.

2. Informasi yang Terintegrasi Pada Sistem ERP

ERP adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengakses data-data aktiva, pasiva dan lainnya pada suatu perusahaan. ERP juga dapat digunakan sebagai alat untuk perencanaan bisnis dan pelaporan keuangan perusahaan.

Sistem ERP dapat menyimpan semua informasi pada semua departemen dalam satu database. Itu berarti semua karyawan dari departemen yang berbeda dapat menggunakan informasi dari database tanpa persetujuan departemen lain. Hal ini mempermudah akses informasi tanpa harus mencari informasi lain atau bertanya kepada manajer departemen masing-masing untuk mengakses informasi tersebut.

3. Biaya Operasional Berkurang

Perusahaan yang menggunakan software ERP dapat menghemat biaya operasional karena semua kegiatan yang berlangsung dapat dikerjakan secara otomatis dan cepat. Karena kegiatan sudah di handle oleh satu sistem membuat jumlah staf akan berkurang sehingga secara otomatis akan menghemat biaya operasional. 

4. Lebih Efisien

Software ERP akan membuat produktivitas lebih efisien. Hal ini dikarenakan sistem akan secara otomatis mengerjakan semua pekerjaan yang berlangsung secara berkala dengan konsisten dan otomatis. Sehingga akan lebih banyak waktu luang untuk fokus pada kegiatan yang lain.  

Baca juga : Modul Modul ERP Penting Bagi Perusahaan

Kekurangan Sistem ERP

1. Biaya diawal yang Mahal

Dengan manfaat yang begitu besar, tak heran jika software ERP membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun biaya ini sesuai dengan manfaat yang akan didapatkan. Biaya yang besar ini dapat meliputi beberapa hal seperti biaya pelatihan, pembaruan perangkat lunak dll. Namun akan tetap disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan.

2. Karyawan Membutuhkan Pelatihan

Staf atau karyawan perusahaan perlu diberikan pelatihan agar memahami cara kerja dari software ERP. Tentu bukan hal yang mudah untuk membiasakan setiap staf atau karyawan untuk menggunakan sistem ERP, diperlukan waktu yang cukup lama agar karyawan memahami setiap fitur yang dapat digunakan.   

3. Perlu Memasukkan Data

Software ERP memerlukan data untuk diinput pada sistem. Bagi perusahaan yang baru menggunakan ERP tentu memerlukan waktu yang lebih lama mengingat banyaknya data yang harus di input. Dalam hal ini diperlukan ketelitian agar data yang masuk tidak salah atau ada yang terlewat karena akan berpengaruh pada sistem terkait dengan keputusan akhir.

4. Sistem yang Rumit

Software ERP adalah sistem yang komplek lantaran mengurus setiap kegiatan pada perusahaan. Sehingga seluruh staf atau karyawan harus menyesuaikan diri. Tidak semua karyawan dapat beradaptasi dengan waktu cepat. Tidak jarang sebuah perusahaan membutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun untuk dapat mengimplementasikan ERP sepenuhnya.

Itulah kelebihan dan kekurangan ERP yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya. Tentunya setiap perusahaan memiliki perbedaan dalam kebutuhan dari segi fitur dan lainnya. Namun secara garis besar itulah kelebihan dan kekurangan ERP.  

Anda sedang membutuhkan software ERP? Anda dapat berkonsultasi tentang software ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda kepada kami.    

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp