Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Peranan Sistem ERP dalam Efisiensi Bisnis
peranan sistem erp

Peranan Sistem ERP dalam Efisiensi Bisnis

Peranan Sistem ERP – ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah aplikasi atau sistem yang dapat mengelola semua sumber daya dalam suatu perusahaan. Sehingga seluruh aspek bisnis seperti pemasaran, manajemen pelanggan, keuangan dan lain-lain dapat terintegrasi dengan baik secara real time dan berkelanjutan untuk menghindari anomali data. Jadi, seberapa penting peranan sistem ERP dalam suatu perusahaan untuk efisiensi kerja?

1. Semua Sumber Daya Terintegrasi

Bayangkan bahwa sistem penjualan yang berdiri sendiri, sistem manajemen pelanggan yang terpisah, dan sistem pemasaran email yang hebat juga terpisah. Ini pasti akan mengurangi efisiensi dalam bisnis dan dapat menyebabkan kesalahan data. Mungkinkah data di sistem penjualan berbeda dengan data yang tercatat di sistem manajemen pelanggan, data tersebut benar dan harus digunakan?

Dengan menggunakan ERP, Anda dapat menghindari hal ini karena semua modul bisnis menggunakan sumber daya yang sama, sehingga data yang ditampilkan akan sama di semua modul juga. Kesalahan data tidak terjadi jika semua modul terintegrasi dengan benar.

2. Perencanaan dan Manajemen yang Lebih Baik

Dengan menggunakan ERP yang dapat menampilkan semua data dari setiap modul dengan benar dan akurat dan sistematis, Anda dapat memantau dan merencanakan improvisasi strategi bisnis ke depan karena data yang ditampilkan lebih dapat diandalkan.

Hal ini dapat memudahkan perusahaan pengembang Anda untuk menentukan strategi kedepannya karena didasarkan pada data yang akurat dan terintegrasi.

3. Akurasi Data

Keakuratan data yang diberikan tentu saja benar. Karena jika suatu modul mengubah data, modul terkait juga akan mengubah data tersebut sesuai dengan yang baru. Jadi kesalahan data dapat dicegah jika Anda menggunakan sistem ERP yang terintegrasi dengan baik.

Dengan akurasi data yang tinggi akan meningkatkan efisiensi divisi mana pun karena tidak ada lagi waktu untuk mencocokkan data.

4. Tingkatkan Kolaborasi

Data yang ditampilkan secara akurat meningkatkan peluang kolaborasi lintas divisi. Kerjasama yang baik antar divisi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan keuntungan perusahaan.

Data antar divisi terkait ditampilkan dengan benar dan secara real time mengurangi waktu pertukaran data antar divisi terkait, sehingga lebih cepat dan efisien.

5. Hemat Biaya

Berinvestasi di bidang IT untuk meningkatkan kinerja membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Apalagi jika sistem built-in yang dibangun tidak dapat diintegrasikan dengan sistem yang sudah ada atau akan dibutuhkan sistem baru.

Namun jangan khawatir, menggunakan ERP di setiap modul yang dibutuhkan dalam bisnis Anda pasti akan mengurangi anggaran belanja pengembangan sistem Anda. Selain semua modul sistem dibangun dengan sistem yang sama (ERP), data juga mudah diintegrasikan antar setiap modul.

6. Keamanan Data yang Ditingkatkan

ERP memiliki firewall dan batas kontrol untuk mencegah pelanggaran penggunaan data. Karena semua data terpusat dan disimpan rapat, keamanan tetap terjaga. Administrator dapat membuat peran khusus untuk mengakses data atau melakukan akses tertentu.

Admin juga dapat langsung menghentikan akses jika ada pengguna yang mencurigakan di sistem ERP.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp