Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Perbedaan SAP dan ERP (Enterprise Resource Planning)
Perbedaan SAP dan ERP

Perbedaan SAP dan ERP (Enterprise Resource Planning)

Perbedaan antara sap dan ERP sangat luas dan kompleks. Namun, singkatnya, ERP adalah singkatan dari perencanaan sumber daya perusahaan, sedangkan sap lebih umum digunakan untuk menggambarkan perangkat lunak yang mengelola proses bisnis tertentu. Dalam beberapa kasus, kedua istilah tersebut dapat dipertukarkan.

Kedua istilah, sap dan erp, mungkin tampak dapat dipertukarkan, tetapi ada perbedaan besar di antara keduanya. Sap adalah kependekan dari manajemen arsitektur rantai SUPPLY dan mengacu pada keseluruhan struktur rantai pasokan TI organisasi. Ini termasuk perencanaan, pengadaan, dan pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak. 

ERP adalah singkatan dari perencanaan sumber daya perusahaan dan mengacu pada implementasi dan manajemen sistem perusahaan. Ini mencakup segalanya mulai dari otomatisasi bangunan hingga manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Baca Juga : Odoo vs SAP Mana yang Terbaik Untuk Bisnis? 

Sap dan ERP adalah dua jenis pengembangan perangkat lunak yang dapat dibedakan berdasarkan fokusnya. Sap adalah istilah umum untuk semua antarmuka pemrograman aplikasi (API), sedangkan ERP mengacu pada sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), yang mengelola dan mengontrol proses bisnis.

Jadi apa bedanya? Sap berfokus pada pembuatan aplikasi yang berinteraksi dengan sistem lain, sedangkan ERP berfokus pada pengelolaan seluruh proses bisnis mulai dari penjualan, inventaris, hingga penggajian. ERP juga mencakup fitur-fitur seperti akuntansi, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp