Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Pengertian Modul ERP dan Manfaatnya Untuk Bisnis
pengertian modul erp

Pengertian Modul ERP dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Pengertian Modul ERP dan Manfaatnya Untuk Bisnis – Dari sudut pandang orang luar, sistem ERP (enterprise resource planning) bisa tampak menakutkan dan kompleks. Tetapi terlepas dari seberapa akrab Anda dengan sistem ini, kemungkinan besar Anda tidak benar-benar memahami cara kerjanya. 

Pada artikel ini, kita akan melihat dasar-dasar ERP dan membahas beberapa jenis modul yang lebih umum yang membentuk sistem ini. Dengan memahami dasar-dasar modul ERP, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengevaluasi sistem mana yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. 

Apa itu sistem ERP?

Sistem ERP adalah aplikasi perangkat lunak yang mengelola operasi bisnis sehari-hari. Ini dapat mencakup apa saja mulai dari penggajian dan akuntansi hingga pengadaan dan pengendalian inventaris, serta manajemen sumber daya manusia. Sistem ERP dirancang untuk merampingkan proses bisnis, dan yang lebih penting, meningkatkan profitabilitas. 

Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk pengembangan perangkat lunak, dan itu pasti benar ketika datang ke modul ERP. Beberapa organisasi mungkin lebih nyaman dengan produk siap pakai, sementara yang lain mungkin lebih suka membangun sendiri dari awal. 

Dalam kedua kasus, memahami persyaratan khusus dari modul ERP dapat membantu mengurangi waktu pengembangan dan biaya pengawasan. Sistem ERP adalah singkatan dari “perencanaan sumber daya perusahaan”. Ini mengacu pada kumpulan modul perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola keuangan, akuntansi, dan sumber daya manusia dari suatu organisasi. Pengertian modul ERP tipikal menyediakan fungsi-fungsi seperti penggajian, manajemen inventaris, dan pemenuhan pesanan. 

Sistem ERP telah menjadi standar di sebagian besar bisnis besar dan kecil, dengan beberapa perusahaan berinvestasi dalam satu sistem ERP sementara yang lain memiliki beberapa modul yang diinstal.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp