Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Apakah CRM Bagian Dari ERP?
Apakah CRM Bagian Dari ERP

Apakah CRM Bagian Dari ERP?

Apakah CRM Bagian Dari ERP? – Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) dan Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) adalah dua alat yang ampuh untuk bisnis yang ingin merampingkan operasi mereka dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Seiring dengan perkembangan teknologi, pertanyaan apakah CRM adalah bagian dari ERP menjadi semakin umum. 

Untuk memahami dengan benar hubungan antara CRM dan ERP, penting untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi ini berfungsi secara independen serta bagaimana mereka dapat digunakan bersama. 

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah strategi bisnis yang berfokus pada memaksimalkan nilai hubungan dengan pelanggan. Sistem ini dapat melibatkan tugas-tugas seperti menangani layanan pelanggan, mengelola data pelanggan, dan memastikan kepuasan pelanggan. CRM juga dapat melibatkan penggunaan perangkat lunak atau aplikasi untuk mengelola tugas-tugas ini. 

Perangkat lunak untuk CRM dapat menjadi bagian dari sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). ERP adalah strategi bisnis yang melibatkan pengintegrasian berbagai fungsi bisnis seperti manajemen rantai pasokan, keuangan, sumber daya manusia (SDM), dan manajemen hubungan pelanggan. 

Sistem ERP juga dapat digunakan untuk mengelola infrastruktur TI. Perangkat lunak untuk ERP dapat diintegrasikan ke dalam sistem CRM dan sebaliknya. Sistem CRM biasanya digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggannya. 

Sistem CRM membantu perusahaan menganalisis data dari pengalaman lama hingga pelanggan baru dan prospek untuk memprediksi kebutuhan masa depan mereka dengan lebih baik. Misalnya, fitur penjadwalan janji temu dalam sistem CRM dapat diintegrasikan dengan sistem ERP untuk mengelola penjadwalan dan akuntansi janji temu dan lainnya.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp