Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Software ERP VS Custom Development
ERP VS Custom Development

Software ERP VS Custom Development

Software ERP VS Custom Development – Bisnis dari semua ukuran saat ini dihadapkan pada keputusan yang sulit apakah akan membeli solusi perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) yang sudah ada, atau mengembangkannya sendiri. Meskipun setiap opsi memiliki kelebihannya, penting untuk mempertimbangkan pro dan kontra dengan hati-hati sebelum memutuskan pendekatan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

Artikel ini akan memberikan ikhtisar perbedaan utama antara perangkat lunak ERP dan pengembangan kustom, menyoroti kekuatan dan kelemahan masing-masing. 

ERP vs Custom Development: Gambaran Umum

Sekilas, perangkat lunak ERP dan pengembangan kustom mungkin terlihat sama. Lagi pula, keduanya melibatkan penggunaan perangkat lunak untuk melacak operasi bisnis. Namun, setiap opsi memiliki kelebihan dan tantangan tersendiri. 

Perangkat Lunak ERP 

Perangkat lunak ERP adalah solusi siap pakai yang dirancang untuk industri atau kumpulan bisnis tertentu. Meskipun harga pembelian awal lebih mahal daripada pengembangan kustom, Anda dapat menghindari biaya pemeliharaan dan peningkatan yang berkelanjutan. Selain itu, perangkat lunak ERP biasanya ramah pengguna dan mudah dipelajari. 

Custom Development

Pengembangan perangkat lunak kustom disesuaikan dengan bisnis Anda. Keuntungan dari perangkat lunak kustom adalah unik untuk bisnis Anda dan dapat diperbarui sesuai kebutuhan sepanjang tahun. Anda juga akan memiliki kontrol penuh atas tampilan dan nuansa, fungsionalitas, dan desain perangkat lunak. Namun, perangkat lunak khusus memiliki biaya awal yang lebih tinggi dan memerlukan investasi waktu dan sumber daya yang lebih besar.

Sistem ERP dapat dibeli dari vendor atau dikembangkan secara khusus. Sistem ERP yang dibuat khusus memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sistem yang dibeli. Pertama, sistem yang dibuat khusus dapat dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. 

Kedua, dapat dibuat sedemikian rupa sehingga lebih mudah digunakan daripada sistem off-the-shelf. Ketiga, dapat dirancang untuk berintegrasi dengan sistem informasi lain yang mungkin dimiliki organisasi. Keempat, dapat dibuat untuk lebih mudah berinteraksi dengan proses bisnis organisasi. 

Memilih vendor Perencanaan Sumber Daya Perusahaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda adalah keputusan penting. Sistem ERP dapat berdampak besar pada kesuksesan bisnis Anda, jadi penting bagi Anda untuk mengevaluasi vendor ERP yang berbeda secara hati-hati sebelum mengambil keputusan. 

Sumihai Teknologi Indonesia (STI) merupakan Salah satu konsultan dan vendor ERP yang siap memberikan solusi dari kebutuhan software ERP terbaik untuk Anda. Anda dapat berkonsultasi tentang software ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda kepada kami.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp