Mengenal Strategi CRM (Customer Relationship Management) Dalam Peningkatan Penjualan
Apa itu Strategi CRM?
Penting bagi setiap bisnis untuk mengawasi pengalaman pelanggan. Pelanggan mencari merek yang akan mendengarkan kebutuhan mereka dan memberi mereka layanan terbaik. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pengalaman adalah melalui Strategi CRM. Strategi ini akan membantu dan menciptakan hubungan dengan pelanggan, serta meningkatkan penjualan.
Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang berfokus pada one-on-one customer service. Tujuannya adalah untuk memastikan pelanggan merasa kebutuhan mereka terpenuhi dan mereka dapat mempercayai perusahaan Anda. Dengan melakukan ini, Anda akan membangun hubungan yang berharga dengan pelanggan yang akan menghasilkan peningkatan penjualan.
Strategi CRM memiliki banyak manfaat, antara lain peningkatan penjualan, layanan pelanggan yang lebih baik, dan prosedur kerja yang lebih efisien. Artikel ini akan membahas apa saja tahapan strategi CRM, apa manfaatnya, dan bagaimana menerapkannya.
Apa saja tahapannya?
Strategi CRM adalah proses mengembangkan rencana keseluruhan untuk mencapai tujuan bisnis melalui penggunaan strategis hubungan pelanggan. Ini terdiri dari lima tahap, termasuk kontak pertama, mengidentifikasi pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, mengembangkan prospek bisnis baru, dan memantau efektivitas kampanye.
Manajemen hubungan pelanggan merupakan proses untuk menjaga dan mengembangkan kepuasan pelanggan. Ini melibatkan menganalisis audiens Anda, memahami kebutuhan mereka, dan menggunakan pengetahuan itu untuk membuat strategi pemasaran yang akan menghasilkan minat pada perusahaan atau produk Anda. Strategi CRM dapat dipecah menjadi tiga fase: pemasaran, operasi, dan layanan.
Setiap perusahaan berusaha untuk menjaga integritas hubungan mereka dengan pelanggan. Strategi ini dapat diterapkan untuk memperkuat hubungan yang sudah ada, serta merayu pelanggan baru. Strategi yang sukses dimulai dengan mengumpulkan data pelanggan dan menyimpannya dengan cara yang mudah diakses untuk dianalisis.
Perangkat lunak CRM harus menangkap informasi seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, informasi demografis (usia atau jenis kelamin), riwayat pembelian sebelumnya, kebutuhan atau minat, dan titik data terkait lainnya.
Baca Juga : Sistem CRM (Customer Relationship Management) Dalam ERP
Apa manfaat CRM?
Saat mencari cara untuk meningkatkan penjualan perusahaan Anda, akan sangat membantu jika Anda melihat apa yang Anda ketahui tentang pelanggan Anda. Strategi Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) adalah cara untuk lebih memahami bagaimana Anda dapat melayani bisnis Anda dengan kebutuhan setiap pelanggan individu untuk meningkatkan pengalaman mereka dengan perusahaan Anda dan dapat meningkatkan loyalitas mereka.
Sistem CRM yang dirancang dengan baik akan membantu Anda mengidentifikasi dan merespons kebutuhan pelanggan dengan lebih baik dengan pesan yang kohesif dan kampanye pemasaran yang efektif.
Kesimpulan
CRM adalah strategi manajemen hubungan pelanggan yang digunakan perusahaan untuk membuat pelanggan senang dan setia. CRM memungkinkan pelanggan untuk mengelola interaksi mereka sendiri dengan perusahaan, seperti membuat permintaan informasi atau melaporkan masalah. Ini juga membantu manajer memahami siapa pelanggan terbaik mereka dan apa yang mereka inginkan dari perusahaan.
Program CRM yang dikelola dengan baik dapat membantu bisnis mengidentifikasi dan menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan profitabilitas melalui retensi pelanggan. Strategi CRM (Customer Relationship Management) ini dapat membantu dalam peningkatan penjualan.
Sumihai Teknologi Indonesia (STI) Memberikan solusi dari kebutuhan Manajemen hubungan pelanggan (CRM) dalam software ERP untuk Anda. Anda dapat berkonsultasi tentang software ERP yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda kepada kami.