Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Penerapan Sistem ERP dalam Struktur Organisasi
penerapan sistem erp

Penerapan Sistem ERP dalam Struktur Organisasi

Penerapan Sistem ERP Manajemen tingkat menengah umumnya terdiri dari departemen keuangan, yang bertanggung jawab untuk melaporkan langsung ke manajemen puncak. Mereka membuat keputusan keuangan penting dalam bisnis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi laba perusahaan. 

Manajemen tingkat atas bergantung pada informasi yang diberikan departemen keuangan kepada mereka untuk membuat keputusan eksekutif tentang bisnis.

Manajemen tingkat menengah bertanggung jawab untuk mengevaluasi kinerja dan produktivitas setiap departemen dalam bisnis. Demikian juga, tujuan mereka adalah untuk memastikan bahwa sumber daya perusahaan digunakan seefektif mungkin untuk mencapai tujuan bisnis secara keseluruhan.

Bagaimana Sistem ERP Membantu Manajemen Tingkat Menengah (Middle Level Management) ?

Sistem ERP memberdayakan manajemen tingkat menengah untuk menjalankan tugas sehari-hari mereka secara efisien dengan menyediakan informasi dengan mudah dan sering diringkas secara efektif bagi mereka untuk membuat keputusan.

Ini memungkinkan mereka untuk memantau kinerja staf, mengakses anggaran, akun, dan pengeluaran perusahaan kapanpun diperlukan. Sistem ERP memungkinkan manajemen tingkat menengah, antara lain, untuk:

– Rencanakan anggaran tahunan

– Tetapkan tugas ke departemen yang berbeda

– Buat laporan dengan mudah dengan ringkasan informasi penting

– Berkoordinasi dengan departemen lain

– Kumpulkan laporan dan masukan keuangan dari departemen lain untuk dikirim ke manajemen tingkat atas

– Mengevaluasi kinerja staf di semua departemen

Manajemen Tingkat Bawah (Lower Level Management)

Manajemen tingkat bawah mencakup semua supervisor, kepala departemen, account manager, dan siapa pun yang bertanggung jawab mengelola tim dalam bisnis. Peran mereka adalah untuk mengarahkan dan mengendalikan tim mereka dan melaporkan kembali ke manajemen yang lebih tinggi dalam menjalankan departemen mereka sehari-hari.

Bagaimana Sistem ERP Membantu Manajemen Tingkat Bawah (Lower Level Management) ?

Penerapan Sistem ERP dapat membantu manajemen tingkat bawah setiap hari dengan membantu:

– Merencanakan tugas mingguan dan bulanan setiap departemen 

– Atur keterlibatan dan aktivitas setiap orang untuk hari/minggu/bulan

– Tetapkan pekerjaan kepada orang atau tim yang relevan

– Mengawasi kinerja tim mereka dan setiap karyawan

– Laporkan kembali ke manajemen tingkat menengah secara efisien dalam sistem pusat

Semua tingkat manajemen dapat bekerja bersama secara sistematis ketika sistem ERP diterapkan, memungkinkan informasi mengalir tanpa hambatan di antara mereka.

Sistem ERP memungkinkan tingkat transparansi yang lebih besar dalam bisnis, dimana berbagai tingkat manajemen dapat bekerja sama tanpa hanya bergantung pada departemen lain untuk mendapatkan informasi. Sistem ERP menyatukan manajemen, yang umumnya akan dibagi dan menghilangkan kemungkinan kebingungan dan miskomunikasi antara berbagai peran.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp