Twitter
Google plus
Facebook
Vimeo
Instagram

Fluid Edge Themes

Blog

Home  /  Enterprise Resource Planning   /  Daftar Perusahaan Besar yang Menggunakan ERP
contoh erp dalam sistem perusahaan

Daftar Perusahaan Besar yang Menggunakan ERP

Daftar Perusahaan Besar yang Menggunakan ERP – Sebuah perusahaan ternama yang bisnisnya sedang booming selalu menimbulkan pertanyaan di masyarakat: bagaimana manajemen nya bisa sangat rapi ? Bukankah ribet mengurus semua administrasi, layanan, keseimbangan, produksi, dan sebagainya? Tapi mengapa mereka masih ada dan semakin banyak inovasi baru yang muncul di pasar?

Ketiga pertanyaan ini dapat dijawab hanya dengan satu jawaban. Itu karena mereka menggunakan sistem yang canggih untuk mengelola bisnis mereka. Sistem tersebut disebut ERP (Enterprise Resource Planning).

Secara sederhana, ERP adalah perangkat lunak yang dapat mengintegrasikan produksi, penjualan, keuangan, sumber daya manusia, proses bisnis, dan masalah lainnya secara sistematis. Maka tidak heran jika operasi bisnis perusahaan ternama dapat berjalan efektif dengan sedikit kelalaian.

Hingga saat ini, ada ratusan perusahaan di Indonesia yang menggunakan software ERP sebagai sistem manajemen utamanya. Beberapa adalah perusahaan terkenal yang produknya akan Anda gunakan, jika hanya sekali. Di bawah ini adalah 5 perusahaan ternama di Indonesia yang menggunakan sistem ERP untuk menjalankan bisnisnya.

Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan ternama di Tanah Air yaitu PT. Garuda Indonesia juga telah menggunakan sistem ERP untuk mengelola bisnisnya sejak 1999. Hingga saat ini, kebutuhan sistem ERP telah dikembangkan untuk industri yang berbeda untuk menyelaraskan kinerja setiap divisi.

Modul ERP yang digunakan PT Garuda Indonesia antara lain sales and distribution (SD), material management (MM), production planning (PP), quality management (QM), human resources management (SDM) dan lain-lain.

Wismilak Inti Makmur

PT Wismilak Inti Makmur Tbk. Penerapan sistem ERP ini dapat mengatasi permasalahan tim divisi IT sebelumnya. Dengan ERP, semua aktivitas dan aktivitas dicatat dan digabungkan dengan berbagai divisi. Hal ini memudahkan tim pusat untuk menentukan strategi baru untuk menghasilkan inovasi baru.

Telkomsel

Anda mungkin pernah menggunakan produk yang berbeda dari Telkomsel atau setidaknya pernah berhubungan dengan mereka. Didirikan pada tahun 1995, perusahaan baru menerapkan ERP sejak tahun 2002. Manfaat Telkomsel dalam menerapkan sistem ERP bagi perusahaannya dapat dirangkum sebagai berikut:

– Itu dapat membuat perkiraan dan analisis konsumen lebih akurat

– Integrasi yang lebih baik antara pelanggan dan pemasok

– Dapat mengurangi karyawan hingga 700 orang

– Kemudahan proses audit dan pelaporan

– Dapat mengelola 178 juta pelanggan dengan 146.000 BTS.

Semen Gresik

Semen Gresik adalah perusahaan yang terkenal sejak tahun 1957 memproduksi semen berkualitas tinggi. Produksi dan penjualan semen ditangani dengan teknologi informasi yang baik yaitu sistem ERP.

Sejak tahun 2001, PT Semen Gresik telah menggunakan ERP di bagian keuangannya. Sampai saat ini, ia telah menerapkan sistem ERP ke departemen produksi yang berlokasi di 2 pabrik, 23 gudang penyangga, 120 distributor dan 40 forwarder.

Indofood

Perusahaan yang memproduksi mie instan terbesar di dunia ini juga menggunakan sistem ERP untuk manajemen produksi bahan baku dan manajemen personalia. Setiap tahun, 8 miliar mi harus didistribusikan sesuai dengan porsi dan kemasan yang telah ditentukan sejak awal.

Selain itu, PT Indofood juga kerap menawarkan inovasi terbaru dalam berbagai perayaan. Jika ada desain baru dengan brew baru yang sudah disetujui oleh perusahaan, bisa langsung diproses ke bagian produksi. Akselerasi proses didukung oleh sistem ERP yang dapat mengurangi waktu.

Itulah Daftar Perusahaan Besar yang Menggunakan ERP untuk menjalankan bisnis dengan baik. Jelas bahwa ada dampak pada penggunaan ERP. Salah satu penyedia ERP terkemuka di Indonesia adalah intacsindo.com. Dengan menggunakan ERP dijamin bisnis Anda akan berkembang lebih cepat dari ekspektasi Anda.

Post a comment

WhatsApp Chat
Send via WhatsApp